IMG-20200420-WA0034Sesuasi himbauan Pemerintah Kabupaten Jember dan Dewan Masjid Indonesia untuk ikut serta dalam mencegah penyebaran wabah Covid-19, Alhamdulillah masjid Jamik Baitul Muttaqien (JBM) masih tetap siaga berpartisipasi dalam upaya mencegah penyebaran wabah Covid-19 yang semakin meluas di wilayah Indonesia. Dimana upaya pencegahan ini diwujudkan dengan menyiapkan peralatan kebersihan seperti bilik sterilisasi, alat detektor suhu, tempat cuci tangan sekaligus sabun sebelum masuk masjid, penyemprotan disinfektan berkala diluar maupun dalam masjid. Tidak lupa juga serta menghimbau para jamaah agar tetap menggunakan masker, membawa alat sholat masing-masing terutama sajadah, tidak bersalaman dan menjaga jarak atau physical distance.

Adapun poin-point yang dihimbaukan oleh  pimpinan pusat Dewan Masjid Indonesia ialah :

Pertama, teratur menjaga kebersihan lantai masjid/ musholla dengan cairan disinfektan

Kedua, menjaga kebersihan karpet dan alas sholat lainnya dengan rutin/ kontan. Penggunaan vacuum cleaner atau alat pembersih lainnya sangat dianjurkan.

Ketiga, menjaga kebersihan tempat wudhu’ dan toilet dengan cairan disinfektan; Keempat, mengimbau para jama’ah shalat agar membawa sajadah atau sapu tangan atau kain bersih sendiri sebagai alas sujud masing-masing.

Kelima, meminta para jama’ah yang sedang batuk, demam, dan mengalami gejala sakit seperti flu dan selesma agar melaksanakan shalat di rumah hingga sembuh.

Keenam, ikut mengawasi penyebaran atau penularan virus corona (Covid-19) dan melakukan upaya tanggap atau melaporkan jika ada warga masyarakat dicurigai terdampak virus Corona, khususnya di sekitar masjid atau musholla.

Untuk itu dimohon  para jamaah dimana saja agar secara individu selalu menjaga kebersihan baik diri sendiri maupun lingkungannya. Karena wabah Covid-19 juga berkaitan dengan kebersihan diri kita serta lingkungan dalam hal penyebarannya. Semoga Allah menjaga kita dari semua bala yang Dia ciptakan serta segara mengangkat wabah ini, aamiin.

About Budi Konami

BERBAGI SELAGI BISA!!!

Tinggalkan komentar